Jumat, 30 Desember 2011

Catatan Akhir Tahun


Tahun 2011 udah mau berakhir, dan marilah kita menyambut 2012(tahun kiamat KATANYA). Banyak kisah dan peristiwa yang terjadi selama 2011. Gue pun juga punya banyak kisah yang ingin gue share kepada pembaca. Berbagai peristiwa unik dan menarik yang gue alami, semuanya dirangkum dalam catatan singkat ini. Mulai dari kisah yang gak pernah gue sangka bahkan kaget setengah mati sampai suatu ketika gue merasa tenang setenang-tenangnya selama hidup, lebih tepatnya rilex. Oh, indahnya hidup ini. Gimana rasanya di surga beneran ya? Gue(lo juga) berharap termasuk orang yang terdaftar di surganya Allah. Makanya buruan daftar dengan perbanyak amal kebaikan, jangan nabung dosa mulu. Dunia ini memang indah tapi menyesatkan, harus hati-hati dalam menyikapi rayuan dunia. Ingat, hidup di dunia ini menentukan hasil sidang di akhirat nanti. Bah, kok jadi ustad.com gini? Kembali ke laptop..

Gue merayakan tahun baru 2011 di kampung halaman, di kota Taluk Kuantan. Gue pulang kampung karena kalo gak pulang, gue bakalan karatan hidup di jakarta. Kelamaan cuy. Gue cuma bisa pulang pas lebaran idul fitri. Makanya gue sempatin buat pulang kampung di tahun baru. Temu kangen ama keluarga dan teman lama. Dan yang terpenting gue mau ketemu si dia. Gue bela-belain bilang ke bokap nyokap biar tahun baru bisa pulang. Dengan alasan cuma kali ini gue bisa pulang, selain itu gue gak punya waktu lagi buat pulang selain tahun baru 2011 ama idul fitri. Padahal ada motif tersembunyi. Hehehe untung bonyok gue baik.


Akhirnya gue pulang. Uhuuyy.. Kampung halaman, gue pulang menjengukmu. Kangen suasana pedesaan yang adem, pagi yang indah, sore yang menakjubkan. Enjoy banget dah pokoknya. Jauh dari keramaian kota, jauh dari kebisingan angkutan umum, gak ada yang namanya macet, gak ada yang namanya 'sampah', dan makananya sesuai dengan lidah gue. Tapi kalo kelamaan di kampung gak enak juga, soalnya fasilitas masih banyak yang kurang memadai. Itulah motivasi gue pengen cepat-cepat balik ke Jakarta. Selama 2 minggu gue di kampung. Dan tanggal 3 Januari gue balik ke Jakarta.

Lanjut nih. Di awal-awal gue masuk kuliah setelah liburan Natal dan Tahun Baru rasanya pikiran gue kembali bekerja keras. Penuh dengan berbagai macam persoalan kuliah, mulai dari tugas mandiri kuliah sampe proyek semester yang dikasih dosen dan asisten labor(aslab) haru kelar sebelum UAS di akhir januari. Aw aw, pikiran gue langsung down.

Untuk melepas penat, gue browsing dulu, buka situs lintasberita.com. Ada konten berita yang menarik hasrat gue untuk membukanya. Isinya tentang foto-foto olahraga terkeren selma 2010. WAAWW.. Fotonya bagus sekaleee. Gue liatnya sampe mangap jarena saking takjubnya. Udah kayak vakum cleaner yang siap pakai, tapi untungnya guling yang ada dipelukan gue gak kehisap. Fotonya banyak banget, ada 108 buah foto. Keren-keren fotonya. Semuanya hasil dari fotografer professional.

Akhirnya gue kepikiran mau share itu foto ke forum online terbesar di negara kita Indonesia, Kaskus. Mau berbagi mangap gitu maksudnya. Kalo gue doang yang liat, takutnya rahang gue gak balik lagi posisi semula. Ntar kayak kuda nil yang lagi mangap trus mulutnya ditopang pake tongkat.Capek juga sih masukkin fotonya satu satu ke editor postingan. Jari tangan kiri sampe gak berasa jari lagi, nekan CTRL+C ama CTRL+V mulu sih. Kebiasaan anak IT juga, copas copas copas. Ketika udah posting, gue tinggal menunggu reaksi dari kaskuser. Dan berharap jadi Hot Thread. 1 hari berlalu, post reply baru nyampe 2 halaman. Abis sudah harapan gue dapatin HT. Ya sudahlah.

Seminggu kemudian terjadilah kejadian yang sama sekali gak gue duga. Thread(postingan) gue jadi HT. Alhamdulillah. Gak nyangka banget. Abis gitu dapat cendol lagi, lumayan juga dapat 51 cendol. Capek bikin thread terbayar sudah. Mau lihat thread gue yang keren itu? Ini linknya http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6569300.

Aaahh. UAS semester 5 pun berkahir. Liburan pergantian semester udah di depan mata, walaupun cuma seminggu lebih dikit tapi gapapalah. Sayang banget kalo dilewatin. Nah, temen-temen sekelas  gue punya rencana mau liburan ke pulau tidung, kepulauan seribu. Katanya pulau itu sangat indah. Wah, jadi kepengen. Lagian gue gak ada acara juga.

Eits, tunggu dulu. Gimana nilai semester 5 Jos? Huft, jangan bahas yang bagian itu deh. Bikin badmood aja. Nilai gue jelek-jelek. Kalo gue share nilainya, ntar lo pada ketawa gak tanpa henti sampe 5 hari. Di awal rencana kita mua liburan di pulau tidung selama 3 hari 2 malam dengan total pengeluaran 250 ribu. Itu semua udah termasuk tempat nginap, makan, ongkos perjalanan, dan snorkeling. Kita semua ada 11 orang dan berangkat pada tanggal 13 Februari 2011. Meskipun pada akhirnya kita di pulau tidung selama 4 hari 3 malam. Mumpung masih ada duit makanya nambah hari.

Kita berangkat dari kampung nelayan Tangerang. Kita datang jam 8 pagi. Namun kapalnya baru berangkat jam 11 siang. Grrr.. Lama bener. Sambil nungguin kapal kita maen kartu dulu. Gue gak ikutan, gak bisa maen kartu. Maklum, orang yang yang selalu di jalan yang bener gak boleh maen kartu. Alibiiii..

Akhirnya kita sampe juga di pulau tidung. Berita di internet memang gak bohong. Pulau tidung memang indah, walaupun gak seindah pulau di Maladewa. Jauuh. Di rumah tempat nginap, kita langsung melepas lelah dan ganti pakaian. Sorenya kita jalan-jalan menyisir bagian timur pulau tidung. Nih dia nih peserta tur pulau tidung. Ada sepuluh orang ya? Yang satu lagi jadi juru foto. Jadi totalnya tetap 11. Inilah para bolang pulau tidung. Dipilih dipilih dipilih..

Dan ini adalah foto kita para bolang selama pulau tidung. Fotonya ada banyak, cuma yang gue masukkin cuma beberapa aja. Kalo gue masukkin semuanya bukan catatan akhir tahun lagi namanya. Hadeeeh..

Lagi di jembatan pulau tidung, mau bunuh diri, boongan tapi. Itu temen-temen gue mau lompat ke air, yaiyalah masa ke beton. Tingginya 6 meteran.

Lompatan ronde kedua. Gue gak berani ikutan. Gak bisa berenaaaaang. Gue juga udah janji ama bokap gak bakalan berenang. Anakbaik.com.
Ini pemandangan dari jembatan, Kalo di gambar emang keliatan biasa. Tapi kalo merasakan langsung, gue jamin lo bakalan nyari Pak RT buat ngurusin surat pindah.
Maho mode: ON
Kano. Pengeeeen.
Taraaaaa.. Background matahari. Cuma kita pake kamera digital biasa. Coba kalo pake yang harga yang berjeti-jeti pasti efeknya mantap.
Sunset di ujung jembatan. Damai tentram.

Niatnya mau megang matahari, tapi apa daya keburu digampar nunung. Gak nyambung.

Sunset lagi, cuma sayang kebanyakan kabut jadi gak jelas.

Para bolang narsis dulu.
Lagi ngumpul di rumah, pada capek abis kegiatan seharian. Ini yang bikin kita saling kenal lebih dalam satu sama lain.








Ini foto gue yang ganteng *wuek*

Menikmati suasana pagi hari yang mendung. Sumpah hati gue jadi tenang banget di sini.

Para bolang di ujung pulau tidung. Itu beneran paling ujung lho. Di situ terasa seperti di ujung dunia. Keren banget di sana. Kalo gue sendirian pasti gue udah teriak kenceng-kenceng, pengen melepaskan kentut yang tertahankan. Bukaaan. Melepaskan segala kelelahan setelah kuliah yang melelahkan. AAAAAAAA..

Lagi mancing ikan paus. Padahal itu adalah anak bakau.
Masa kecil yang kurang bahagia.
Salah satu temen gue dijadiin boneka pasir bugil. Liat noh susu nya gede banget. Kayak kelapa hibrida.

Si bewok lagi nyantai sambil makan indomie rebus. Plus di depannya pemandangn laut lepas. Maknyosss..

Gue lagi. Gue harap kalian gak bosan liat wajah gue yang cakep ini *nyari toilet*

Kalian tau apa yang salah di spanduk ini? Kalo tau berarti anda lulus bahasa inggris SD.

Berdiri di atas air, walopun cuma efeknya doang.

On the way ke tempat snorkeling. Yang pake topi adalah sang empunya. Dialah yang melayani kami selama di pulau tidung.

Cakep cakep kan?

Lagi galau apa liatin air yang hijau Fred?

Cool. Airnya tapi, bukan orangnya.

Snorkeling.

Snorkeling.

Trio Macan.

Narsis lagi. Gue hilang entah kemana. Ternyata oh ternyata gue lagi berenang gak jelas.

Sunset terakhir di pulau tidung, karena besok paginya kita balik lagi ke Jakarta daratan.

On the way to Muara Angke. Ada bule juga. Noh yang pantatnya lebar, itu bule.


Eaa.. Gue balik lagi ke Jakarta. Liburan yang menyenangkan. Selanjutnya gue bergelut lagi dengan kuliah yang memusingkan. Semester 6, gue datang. Ada kejadian yang memalukan pada semester 6 kemaren. Lebih tepatnya malu-maluin. Walaupun kenyataanya kejadian tersebut adalah kisah nyata yang gak bisa gue bohongin. Semua ini berawal dari keran air kosan gue mampet, udah seminggu tapi ibu kos belom ada tanggapan. Cuma bilang besok-besok, dan akhirnya busuk. Air yang keluar seperti air yang keluar dari sedotan limun. Ampun dah lama banget. Buat menuhin 1 ember gede aja butuh setengah jam. Hari itu gue bangun jam 10 karena jam 11.20 gue ada kuliah Tekom, karena gue tau airnya kecil dan butuh waktu lama untuk menunggu embernya penuh. Udah menjadi tradisi di kosan gue bahwa barangsiapa yang nyalain keran air berarti dia yang punya kamar mandi dan yang lain gak boleh ganggu gugat. Dan itu artinya ada yang akan mandi, untungnya temen kamar sebelah udah pada cabut ke kampus. Lega. Namun sialnya air yang keluar makin kecil. Air yang keluar malah seperti air yang keluar dari sedotan aqua gelas. Kamret seribu kampret. Masa ngampus gak mandi? Mana badan gue udah bau menyan. Kalo gue paksain ngampus alamat anak-anak di kelas pada kabur mencium aroma menyan gue. Ya sudahlah gue tunggu ntu ember sampe setangahnya aja deh, daripada telat.

Dengan perasaan dongkol sampe ubun-ubun gue nonton tipi dulu. Pas gue nyalain tv yang nongol malah si banci gak tau malu, gak punya sopan santun, asbun, si olga maho. Langsung gue banting setir eh banting rombol remote, ganti saluran. Muak gue liatin muka si olga. Guyonan yang gak lucu. Emosi gue udah makin gak tertahankan, udah air keran kecil eh ditambah si maho. Mau pindah ke bulan rasanya. Lagi emosi tingkat tinggi ceritanya. So, kita tau sendirilah kalo udah marah-marah.

Waktu udah menunjukkan pukul 11.10 menit, ember mandi gue belum nyampe setenghanya. Ya Allah, kapan penuhnya nih? Gue tunggu dulu aja. Telat dikit gapapalah. Dan waktu uda menunjukkan pukul 11.20, seharusnya perkuliahan udah dimulai. Langsung tancap gas mandi denga terburu-buru dan dikit-dikit. Kayak comot kue gitu, biar airnya pas ketika gue selesai mandi.

Waktu udah menunjukkan pukul 11.30, dan gue udah siap untuk berangkat. Pas mau make sepatu. AW AW WUOOOO.. Gue lupa sepatu abis dicuci dan talinya belom dipasang. Kepala gue udah pecah *gak lah yau*.  Udah telat jadi makin telat gara-gara tali sepatu. Denga terburu-buru gue pasang tuh tali sepatu. Yap selese juga, dan waktu menunjukkan pukul 11.55. Kalo si dosen Frakny datang jam segitu udah dianggap telat banget. FYI, tuh dosen orangnya disiplin banget. Kalo harus ya harus, kalo salah ya salah. Seperti program komputer, gak boleh ada yang salah. Kalo salah ya error. Cara mengajarnya juga enak tapi kadang-kadang jengkelin juga , jengkelin di sini bukan berarti dia ngeselin, cuma kadang-kadang gue gak mood menyimak perkuliahan dia gue langsung kesel aja. Begetooo.

Setengah berlari gue menuju kampus, untung aja kaga lari. Kalo lari gue bukan menuju kampus, malah ke kantor polisi karena dikirain maling kancut. Huft, nyampe juga gue di kampus dan harus naik ke lantai 3. Hadeeehh. Copotlah ni kaki. Akhirnya pukul 12.00 gue sampai depan kelas. Di kelas gue langsung disambut puluhan temen gue dengan muka menahan tawa seperti melihat lumba-lumba yang atraksi. Dan si dosen langsung berubah mukanya kayak singa yang dapat zebra overweight dan senyuman penuh makna. Langsung dengan muka pucat dan gue menghadap meja dosen. Gue ceritain semua yang terjadi. Si dosen nanya kenapa gue terlambat.Gue jawab air keran kosan gue mampet pak. Huahahahaha. Seisi kelas langsung ketawa. Wah sialan nih. Entah kenapa gue menjawab dengan muka polos. Kan seharusnya gue jawab dengan alasan yang lebih keren. Seperti macet, mobil mogok, ke ruangan akademis, atau menjemput sodara ke Kuala Lumpur. Tapi lidah gue terkunci seolah gue gak boleh bohong. Bohong ama dosen bisa kualat sampai nanti.

Si dosen bilang pada temen-temen gue, gimana kalo kita nyumbang koin untuk membangun kamar mandi di kamar kosan si Jos? Huahahahahaha temen gue pada ketawa. Wah anying anying anying, malu beud dah. Sumpah gue malu banget saat itu. Saat-saat termalu gue selama kuliah di Binus. Muka merah, jantung udah superkencang, diketawain. Mau taroh dimana nih pantat, eh muka? Sendainya gue robot, muka ini udah gue lempar ke jendela. Susuuuw.

Daaaan kejujuran gue berbuah manis, gue dibolehin masuk. Wuahahahaha. Gapapalah kek gini, soalnya kalo absen 1 aja nilai bakal dikurangin. Meskipun di akhir semester gue absen 1 gara-gara telat 20 detik saat shift kedua setelah istirahat.

Lanjoouut. Untuk pertama kalinya angkatan gue mengisi KRS. Hari itu gue lagi belajar mata kuliah Tekom(ini lagi) tapi jadwal kuliah bentrok dengan jadwal pengisian KRS. Tepatnya di shift kedua. Hari itu gue ama temen gue B udah mesen kursi di warnet belakang kampus. Sekedar informasi, kalo telat ngisi KRS berarti kesempatan mendapatkan kelas impian pupus. Soalnya rebutan. Weleh. Demi mendapatkan kelas yang gue inginkan gue ama temen-temen gue nekat untuk bolos di shift kedua. Gapapa lah absen 2 yg penting dapat kelas impian.

Ketika TENG, KA BOOOMM.. Warnet hancur *becanda*. Waktu untuk ngisi KRS dimulai gue mulai ngisi KRS. Ntu warnet udah kayak pasar tanah abang aja. Ribut banget. Suara jet pun kalah. Warnet terasa pecah. Sial. Ada dua kelas yang gak sesuai harapan. Jadwalnya gak banget dah, kuliah jam 5 sore. Gile aje. Orang udah pada sibuk mau pulang ke rumah masa gue melenggang anggun ke kampus? Hadeeh.

Setelah pengisian KRS selesai temen gue balik lagi ke kelas. Tapi gue tetap di warnet. Nemenin temen-temen gue. Soalnya ada temen cewek gue yg nangis karena gak bisa ngisi KRS. Gak lama kemudian temen gue si B balik lagi ke warnet sambil membawa tas gue. Dan ternyata, dosen Franky menganggap semua anak yg masuk shift pertama hadir di shift kedua. Uuuhh so sweet *iklan axis*. Baik banget tuh dosen, makasih pak hehehe. Absen gue tetep 1.


Barcelona masih terlalu tangguh bagi klub lain di benua Eropa. Hari iu di bulan mei Barca berhasil mengawinkan juara Liga Spanyol dengan Liga Champions. Gue sendiri juga menyaksikan final UCL, nonton bareng ama temen gue di kosan gue. Itu karena TV gue lagi mogok. Gambarnya gak mau keluar. Huhuhuhu. Terpaksa deh nonton ke tempat temen gue. Gue akui hari itu Barca bermain hampr sempurna. Dengan tiki taka dan bola mangalir bak sungai Nil sebagai ciri khasnya mampu menyihir publik dunia 3 musim belakangan. 1 kata buat Barca, PERFECTO. Tapi gue tetap Madridista, mendukung klub yang tetap besar dari dulu hingga sekarang. Dan tahun 2011 genap 10 tahun gue menjadi madridista, dari zamannya Zidane sampai CR7. Huft, Madrid gue musim itu cuma dapat 1 piala Copa Del Rey. Lumayanlah dapat 1 piala daripada gak ada. Thank you Mou. Semoga musim ini lebih baik dari sebelumnya. Hala Madrid..!


Ketika semester 6 berakhir gue untuk pertama kalinya juga mengikuti Semester Pendek(SP). Gue mau memperbaiki nilai yang masih jongkok. Ternyata SP itu enak. Dosennya baek baek. Gak pelit nilai. Mungkin mereka tau kalo kita-kita ini lagi butuh BLN, Bantuan Langsung Nilai. Alhasil nilai SP gue gak mengecewakan. Dan ketika itu lagi bulan puasa. Ya capek juga lah puasa sambil kuliah. Dan setelah ujian akhir SP selesai, gue pulang ke rumah. Home sweet home, I'm coming. Syukur alhamdulillah gue bisa marayakan lebaran bersama keluarag gue tercinta. Dan terasa sangat lengkap setelah bertemu dengan temen-temen lama. Dan tentunya ketemu doi.


Lebaran pun usai dan gue pun balik lagi ke Jakarta. Ada cerita menarik sebelum gue berangkat.

Pertama. 2 jam sebelum berangkat, gue ama temen gue pergi ke kos doi. Gue mengungkapkan semua unek-unek hati gue ke doi. Tentang semua perasaan gue selama ini. Kita ngobrol 4 mata. Hampir setangah jam ngobrol, gue ama temen gue pamit pulang dan mengucapkan selamat tinggal kepada doi. Sampai jumpa di lain waktu. Jujur, hati gue berat banget meninggalkannya*nangis bombay*. Tapi yang penting hati gue udah lega. Terserah dia menanggapinya gimana. Emang bener kata orang. Cinta itu bagaikan kentut. Kalo ditahan bisa sakit, kalo dilepaskan malu tapi akhirnya legaaaaa. Plong.

Kedua. Gue hampir ketinggalan pesawat. Soalnya jalanan menuju bandara macet. Seharusnya sejam yg lalu gue udah boarding. Tapi setengah jam sebelum take off pun gue masih di jalan. Agen yang mengurus tiket gue pun sedikit kesel dengan keadaan ini. Huhuhu maafin gue pak. Dan 10 menit menjelas take off gue sampai di bandara. Eits, mungkin pada nanya waktu segitu mana mungkin check in? Tenang, gue udah di-check in-in oleh agen tersebut. Sesampainya di bandara, gue langsung pamit ama temen yg ngantar gue ke bandara. Berat memang meninggalkan sahabat-sahabat terbaik gue. Sampai jumpa lagi kawan. Gue langsung menuju waiting room. Agen bilang kalo udah boleh masuk ke pesawat. Dengan muka pucat gue langsung menuju pintu ke pesawat. Dan ternyataaaaa. Belom ada yg masuk pesawat. Untuk lebih pastinya gue tanya ama calon penumpang di situ. Alhamdulillah belom waktunya masuk pesawat. Namun beberapa menit kemudian kami calon penumpang dipanggil petugas untuk segera masuk pesawat. Huft. Syukurlah. Sumpah selama 20 menit menjelang masuk pesawat gue olahraga jantung. Suaranya pun terdengar jelas sampe terdengar ke Afrika sono*gak mungkin la gan*.

Bulan desember merupakan bulan yang penuh lika liku mahaiswa. Banyak hal yang terjadi selama bulan desember. Di awal bulan desember gue membeli domain untuk blog ini. Semua administrasi udah selesai. Di tengah bulan, untuk pertama kalinya gue pergi ke rumah temen gue di bekasi. Waw, rumahnya adem banget seperti rumah impian gue. Cuma bagi gue itu halaman dan rumahnya masih kecil secara lahannya sempit. Gue pengen halaman yang lebih luas. Dan di akhir bulan gue terpaksa minjem duit temen gue. Ntar deh gue share lagi cerita-cerita yang gue alami. Pokoknya banyak kejadian yang pengen gue share. Karena bagi gue, menulis di blog adalah sebagai tempat pelampiasan semua peristiwa yang gue alami. Kalo ngobrol gak enak, mendingan ditulis aja. Makanya gue bikin blog.


Cuma ada 1 peristiwa selama 2011 yang paling berkesan bagi gue. Yaitu ke pulau tidung. Di hari itu gue merasakan indahnya surga dunia. Hati gue tentram damai. Semua keluh kesah selama kuliah hilang enteh kemana. Berada di tepi pantai dan menghadap lautan lepas terasa seperti di dunia anpa batas. Pokoknya gue merasa rileks banget, hal terindah yang pernah gue rasakan seumur hidup. Mengalahkan indahnya memilik hati si doi. Hahahaha.


Selamat tahun baru 2012 kawan. Semoga di tahun yang baru ini kita bisa menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Mari kita buat resolusi di tahun 2012. Gue juga punya resolusi. Ntar aja deh.


Sekian kilas balik gue di tahun 2011.Sampai jumpa tahun depan kawan.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan beretika.