Sabtu, 14 Juli 2012

Urusan Paling Ribet Itu Telah Selesai


Ya, skripsi itu telah selesai. Telah berakhir. Telah masuk gudang kampus. Jangan tanya gue lagi tentang skripsi. Gak ada lagi hubungan gue(baca: kelompok gue) ama skripsi. Skrispi, gue, END.

Untuk mendapatkan gelar S.Kom harus melakukan penelitian ilmiah dan harus diuji kebenarannya. Bener-bener dah, skripsi merupakan urusan paling ribet yang pernah gue rasakan selama kuliah. Dimulai dari penentuan topik skripsi, judul skripsi, pemilihan tempat penelitian di lapangan sampai minta tanda tangan dari dosen yang bersangkutan.

Satu hari sebelum pengumpulan judul skripsi, kelompok gue belom menentukan judul skripsi. Satu kata pun belom diukir di microsoft word. Hanya saja, kami udah mendapatkan topik yang dinginkan. Topiknya dipilih sesuai dengan kemampuan kami sebagai mahasiswa standar. Semalaman suntuk kami sibuk mikirin judul yang bener-bener cocok(baca: gampang ngerjainnya).

Nah, ketika semuanya udah komplit. Masalah kedua muncul, sarana dan prasarana di tempat penelitian tidak  sesuai dengan topik yang kami buat. Mau gak mau kami harus mengganti judul skripsi. Untung aja masih bisa ganti judul. Kalo gak bisa, bakal menjadi tekanan batin hebat selama mengerjakan skripsi.

Ceritanya gue udah ngerjain bagian gue, bikin latar belakang dan searek teori. Tapi abis bikin 2 bab, gue ama temen gue yang lainnya langsung ngacir ke karimun jawa. Ntar ada artikel ke karimun jawa. Udah gue bikin tapi belom kelar.

Alhasil temen kelompok gue tinggal sendirian ngerjain skripsi. Gue jadi gak enak juga sih, tapi gue butuh liburan hihihi. Lagian ini baru permulaan skripsi, gak papa lah gue tinggal seminggu. Belom masuk periode krusial. Yang katanya bikin hidup lo berantakan.

Setelah diperiksa ama dosen pembimbing ternyata masih ada yang salah. Di sini masih belom ngeluh. Kan baru awalnya doang. Tapi ceritanya jadi berbeda ketika apa yang kami kerjakan itu masih ada yang salah. Dan itu terjadi berkali-kali. Grrr pengen nendang pantat singa ompong.

Tantangan selanjutnya adalah menghadapi anak SD kelas 4 yang berumur kurang lebih 10 tahun lah. Gue waktu itu gak ikut survey, cuma teman gue yang survey, si Ibas. Soalnya waktu surveynya bersamaan dengan pertemuan dengan dosen pembimbing, kami membuat keuputusan. Ibas pergi survey gue masuk ke kelas. Ternyata menghadapi bocah gak segampang yang gue pikirkan. Ibas bilang, ributnya minta ampun. Pertanyaannya macem-macem, malah sering out of topic kuisioner yang kami buat. Ada pula yang nangis, ada yang lempar-lemparan kertas. Ibas stress tingkat tinggi. Setelah perjuangan dengan semangat 2012 dilewati, akhirnya hasil surveynya didapatkan juga, walaupun harus masuk ke kandang 'anak ayam'. Ribut satu ribut semuanya.

Ternyata beneran skripsi itu mengubah pola hidup. Yang dulunya masih bisa tidur dengan tenang, sekarang pola kalongnya makin menjadi-menjadi. Hihihi udah biasa jadi kalong. Anak kuliah geto looh.

Yang sebelumnya gue jarang banget bangun pagi, sekarang gue harus bangun pagi untuk bertemu kepala sekolah tempat survey. Arrrgghh. Ke sekolah dengan mata kantongan.

Malam sebelum pengumpulan bab 1, bab 2, dan bab 3 untuk uji kelayakan, gue harus pulang jam 2 dari kostan ibas. Soalnya ketiga bab itu harus kelas dan fix biar bisa diuji kelayakan. Gue paling males pulang jam segitu, walaupun deket dengan kostan gue, tapi malesnya itu yang bikin gue ogah-ogahan baik ke kost.

Dengan semangat 2012 lagi, akhirnya skripsi kami layak untuk disidang. Aaaah finish udah di depan mata, padahal enggak. Masih banyak jalan yang harus ditempuh. Bisa dibilang itu baru setengah jalan. Kenapa baru setengah jalan? Karena skripsinya baru setengah jadi.

Jadwal sidang keluar seminggu sebelum sidang. Efeknya gue langsung resah dan gelisah, menunggu di sini, di sudut sekolah, tempat yang kau janjikan. Nah lho?

Selama seminggu perut gue mules-mules, tidur gak tenang, gelisah sepanjang hari. Si ibas lemes gak karuan hihihi. Semenjak itu gue bolak balik baca skripsi. Sebenernya sih males, skripsi tebel gitu dibaca. Game online solusinya. Skripsi? Apaan tuh?

Malu aku malu, pada semut merah, yang berbaris di dinding, menantap ku curiga. Ini kenapa jadi nyanyi gini?

H-1 gue makin lemes, obat cacing pun gak sanggup menghilangkan lemes itu. Oh ya, gue udah bookmark situs yang memuat pertanyaan-pertanyaan yang biasa keluar pas sidang di Binus. Baca-baca dan mencari solusinya. Gue semakin yakin dengan pertanyaan itu, soalnya beberapa hari sebelumnya gue menonton sidang temen gue. 50% sama persis.

Sepatu pantofel mana sepatu pantofel? Gue kaga punya sepatu pantofeeeel. Syukurlah, orang yang minjemin gue sepatu datang 2 jam sebelum sidang. Yey yey yeey.

Apa yang terjadi ketika hari H? Dosen penguji pertama udah masuk. Orangnya udah gak asing lagi. Pak J. Dia lah yang menguji sidang tim kapal selam(Baca di sini). Ada secercah harapan dapat nilai bagus.

Tinggal satu lagi dosen yang belom masuk. Pintu dibuka, dan DOOR. Huft, OB masuk sambil membawa papan nama. Di situ tertulis Bu Y. Mampus dah gue. Surem nih dosen. Killer kalo lagi nyidang. Namun apa yang terjadi?

Yang masuk ada Pak F. Dosen yang sangat-sangat tidak asing lagi. Sampe-sampe masuk mimpi gue. ET DAH. Bu Y gak bisa masuk, makanya digantiin ama Pak F. Ini dosen pinter banget, tapi kadang-kadang nyebelin juga sih hihihihi. Semoga dia gak baca. P E PE MI MIR SA SA, PEMIRSAAA. EAAA. Katanyaaaa, dia pernah nyidang sebuah kelompok. Dan ketauan skripsinya DIBELI. Wew.. Bergidik ngeri. Bulu ketiak langsung berdiri.

Melihat Pak F masuk, gue jadi gimanaaa gitu. Kata temen gue, jawab apa adanya. Jangan ngawur, dia tau banget segala tentang skripsi. Kalo tau bilang tau dan jelasin, kalo salah ya akuin aja salah. Yaaa gak bisa mengarang(baca: mengobrol) indah.

Sambil menunggu giliran sidang, gue jadi ingat mimpi di tempo hari (Baca di sini). Ternyata itu mimpi beneran terjadi, Pak F jadi dosen peguji gue. Alamaaak.

Tibalah giliran kelompok gue maju. Colok sana colok sini untuk nampilin display dari laptop ke proyektor.

Presentasi. Ketika di tengah prsentasi, laptop lowbat. Notifikasinya muncul di display. Malu mode : ON. Untung aja dosennya gak liat.

Saatnya menjawab pertanyaan dari dosen. Pak J, jadi ceramah mode : ON. Gue diceramahin tentang tata cara skripsi yang bener. Kamu harus begini, kamu begitu, jangan seperti ini, kenapa hasilnya seperti ini. Bla bla bla. Gak dikasih kesempatan untuk menjelaskan. Lanjut ke Pak F. Yaudahlah terima aja. Dia lebih ngerti. Aw aw grrr auum.

Ama Pak F, yang ditanyain tentang masalah class diagram. Waduh gue gak terlalu ngerti bagian itu, malah itu yang ditanyain. Trus bagian yang salah ditanyain juga. Kenapa bisa begini? Kenapa bisa begitu? Halah, gue jadi kebanyakan diem. Surem nih, lulus gak ya?

Yang lain gak ditanyain. Gue kira pertanyaannya seperti yang ditulis di situs yang gue bookmark kemaren. Kenyataannya jauh banget. Dosennya kaya buru-buru gitu. Jadi, setengah jam lebih dikit sidang gue udah kelar.

Tibalah waktunya sholat maghrib untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, eh bukan. Tibalah waktu pengumuman hasil sidang. Seluruh kelompok dipanggil. Penonton disuruh keluar.

Pak F ngomong, kalian harus terima hasilnya apapun itu. Kalo gak lulus terima saja hasilnya, masih ada kesempatan berikutnya. Jangan putus asa. Merinding dan jantung gue mau copot dengerinnya. Apa aja deh hasilnya, yang penting lulus, bodo amat. Sebelumnya gue berharap dapat B atau A, tapi melihat jalannya sidang gue jadi gak yakin. Pak  F: dan hasilnya, kalian semua lulus. ALHAMDULILLAAAAH.

Mau dapat C atau apa kek yang penting lulus, gue pasrah. Nilai kelompok gue? Kasih tau gak ya? Hehehe.

Setelah pengumuman, kami semua langsung salaman sambil cium tangan(visualisasinya doang). Pak F tangannya bau terasi. Hihihihi just kidding.

Sambil menunggu notulen(revisi) keluar, gue ama temen-temen yang lain harus ikut tes TOEFL untuk dijadikan syarat pengumpulan hardcover. Harus bangun pagi-pagi biar gak telat, soalnya masuk jam 9. Halah, musuh gue ini mah. Ciaaat.

Saatnya revisi, karena masih ada yang harus dibenerin. Udah dibenerin dan ketemuan Pak F lagi, karena dia ketua penguji. Nungguinnya lama, 2 jam. Meriksanya cuma 5 menit doang. Dan masih ada yang salah. Harus dibenerin, besok ke sini lagi katanya. Masih adem ayem. Kan baru pertama kali

Keesokan harinya, kami kembali bertemu Pak F. Lagi-lagi menunggu skitar 2 jam lagi. Diperiksa, masih ada yang salah. Dibenerin dulu deh katanya, ntar gue periksa lagi. Kami benerin saat itu juga, sambil nunggu dia kembali dari urusannya. Susahnya ketemu orang penting di saat penting. Apa mau dikata, harus dijalani. Lemes.

Karena dia belom balik ke kantor, jadi kami tunggu aja. Beberapa menit kemudian, beliau masuk ke kantor dan masuk ke biliknya. Ahaaa, kami duduk manis di meja lobby. Pukul 19.30 wib atau 2 jam kemudian, Pak F gak keluar-keluar dari biliknya. Sumpah, gue bete banget di situasi seperti itu. Saking betenya, gue ama ibas mulai iseng. Kertas revisi di corat coret. Melukis apa yang melintas di pikiran gue. Untungnya bukan wajah Pak F. Heuheuhehu.

Kemudian, ada seorang bapak-bapak menghampiri kami. Ngobrol-ngobrol ama kami. Penampilannya rapi banget. Seperti orang penting di Universitas ini. Bener. Seorang karyawan menyapa dia dengan panggilan Prof. Eh buset. Dia salah seorang Professor Binus. Glek, menelan meja.

Ada seorang ibu-ibu menanyai kami.
'Kalian mahasiswa ya?'
Idih, mentang-mentang penampilan kami kaya gembel gini pake ditanyain segala. Grr
'Iya, bu.'
'Kalian ke lantai tiga deh sekarang, ada banyak makanan di sana.'
WAW, pucuk dicinta ulampun tiba. Kebetulan gue ama ibas kelaparan.

'Bas, gimana nih? Mau makan dulu apa nunggu Pak F?'
'Nunggu Pak F aja, Jos. Kan kita masih ada urusan ama dia'
Batal deh makan-makan gratis bareng professor.

Ibu ama Prof tadi langsung keluar.

Pak F keluar dari biliknya, dan nanyain.
'Lah, Jos. Belom pulang?'
'Belom, Pak.'
'Saya kira kalian sudah pulang.'
Fufufufufufu

Gue ama ibas udah karatan nunggu di sini. Ternyata Pak F keluar karena mau nelpon seseorang dan melihat dua orang lagi sekarat. Coba kalo gak ada telpon, pasti udah jadi patung pajangan di kantor ini. Periksa bentar, dan selesai. Tapi harus ketemu dia lagi besok.

Dua hari kemudian kami ketemuan lagi ama Pak F. Kali ini nunggunya bentar doang, soalnya pas dengan jamnya makan siang. Periksa bentar dan ditanda tangani. Yes, udah bener. Saatnya bikin hardcover.

Besoknya kami mau minta tanda tangan dosen pembimbing, untuk persetujuan hardcover. Apa yang terjadi? Dosennya lagi cuti. Arrgghh. Padahal deadline 3 hari lagi. Belom lagi nyetak hardcover.

Sambil nunggu dosennya ngantor, kami nyusun berkas-berkas yang diperlukan untuk hardcover. Nge-printnya ribet banget dah. Ada yang berwarna, ada yang hitam putih, ada yang putih dan ada yang merah, mawar melatiku, indah semuanya. Essss..

Ketika nge-print, kompinya restart sendiri. Astaga, dosa apa gue? Biar lebih hemat lagi, softcover yang lama dibongkar dan diambil beberapa bagian yang masih bagus. Disusun lagi dari awal. Bener-bener dah nih skripsi.

Kalo dihitung-hitung, skripsi ini udah menyedot separoh uang belaja gue selama sebulan. Mau gak mau, dengan nada memelas gue minta uang lagi ama bokap. Skripsi oh skripsi.

Satu hari sebelum deadline, kata sekretariat jurusan dosennya ngantor besok pagi. Dengan langkah semangat, gue ama ibas langsung menuju kantor dosen. Kosong, dosennya belom datang. Terlalu pagi pemirsa. Beberapa menit kemudian dosennya datang. Berkasnya udah ditanda tangani.

Bikin hardcover ambil paket dua jam aja, walaupun bisa dibilang mahal. Soalnya gue ama ibas pengen selesai hari itu juga. Uang belanja gue kesedot lagi. Huhuhuhu.

Siangnya, hardcover udah jadi, dan siap untuk dikumpulkan. Langsung ngacir ke Layanan Mahasiswa. Ngumpulin berkas dan hardcovernya. KELAAAAARRR..

Perjuangan memperoleh sarjana komputer selama 6 bulan telah selesai. Lega banget rasanya. Urusan yang bikin gue panas dingin. Ribetnya yang selalu menghinggapi perasaan gue.

Walaupun dari segi penulisan di blog ini, gak keliatan ribetnya. Tapi percayalah tekanan batin selama skripsi itu selalu menghantuimu setiap malam. Dia akan menyapa kamu setiap kamu bangun dari ranjangmu. Selalu menjadi mimpi buruk di kala masih ada yang salah, dan bisa menjadi mimpi indah di kala semuanya telah dinyatakan benar dan selesai.

Sekarang gue udah bebas dari yang namanya skripsi. Saatnya liburan. Liburan kemana Jos? Kampung gue. Hehehe. Gue pulang kampung. Udah setahun gue gak pulang ke rumah. Gak berasa banget ya. Hihihihi. Sebenernya gue udah betah di sini, tapi kampung halaman selalu menghimbau gue pulang.

Aaaahh. Urusan paling ribet itu telah selesai.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan beretika.