Sabtu, 29 September 2012

Goodbye Peterpan, Welcome NOAH


Dulu ada sebuah band kafe yang berasal dari Bandung muncul di belantika musik Indonesia. Band tersebut lahir pada 1 september 2000. Yang beranggotakan 6 anak muda yang berbakat. Nama band tersebut berasal dari dongeng luar negeri yang sangat terkenal. Dimana tokoh utamanya bisa terbang, dengan pakaian khasnya warna hijau, pake topi hijau, dan ada bulu angsa di atasnya. Karena bisa terbang dan selalu ceria itulah 6 pemuda tersebut memberi nama bandnya dengan nama tokoh dongeng tersebut. Karena mereka ingin terbang dan melahirkan keceriaan dalam bermusik.

Namun, siapa sangka dengan nama tersebut band ini melayang tinggi mencapai bintang di surga. Di awali dengan lagu “Mimpi Yang Sempurna” di sebuah album kompilasi. Kemudian membuat album sendiri. Dan di luar dugaan, album mereka meledak di pasar musik Indonesia. Walaupun saat itu pembajakan merajalela. Tapi rejeki emang sedang berpihak kepada mereka. Meraih berbagai penghargaan. Kontrak kerja yang mahal. Dan berbagai hal yang melambungkan nama mereka.

Bahkan konsernya saja masuk Museum Rekor Indonesia(MURI), karena berhasil konser di 6  kota Indonesia dalam waktu 24 jam. Suatu hal yang hampir mustahil bagi band lain.

Apalagi sang vokalisnya yang terkenal flamboyan itu mampu menghipnotis bagi siapa yang menyaksikan konsernya. Vokalisnya gak ganteng-ganteng amat sih. Boleh dibilang biasa saja, tapi kharismanya luar biasa. Bagi siapapun wanita yang melihatnya pasti terklepek-klepek. Itu baru melihatnya saja loh, belom lagi kalo diajak kencan atau nyanyi bareng, dijamin terbang tuh perasaan si cewek. Hewhewhew..

Dan ketika vokalisnya tersandung masalah karena menghamili pacarnya, semua orang mengira karier band tersebut bakal meredup. Tapi apa yang terjadi? Karier mereka makin melesat jauh. Melebihi mimpi yang pernah mereka impikan.

Suatu ketika terjadi perpecahan di band tersebut. Dimana dua personel band tersebut keluar setelah berdiskusi panjang mengenai masalah yang terjadi. Itu hanya masalah keseimbangan dan perbedaan kreativitas dalam bermusik. Sesuatu yang biasa dalam sebuah band.


Kejadian tersebut tidak menghentikan jiwa bermusik 4 personel yang tersisa. Itu terbukti dengan diluncurkannya album mereka yang keempat. Dan masih diterima oleh masyarakat luas.
Sesuai perjanjian yang telah disepakati dengan 2 personel yang keluar tadi, band tersebut harus mengganti nama band mereka. Karena nama band yang diambil dari tokoh kartun itu adalah milik salah satu personel yang keluar tadi.

Tentu kalian sangat tau dengan kisah singkat yang gue ceritakan di atas. Dan nama band tersebut kalian pasti sangat tau. Iya, bener. 2 juta rupiah dipotong pajak. Nah lho?

Peterpan. Iya, itulah adalah nama band yang fenomenal di belantika musik Indonesia. Sebuah band yang awalnya tidak dianggap, bahkan hanya terkenal di kota bandung saja. Tapi Peterpan mampu mengalahkan band senior mereka di saat band senior mereka masih eksis di kancah musik Indonesia. Dengan penjualan album yang fantastis di tengah pembajakan yang tak terbendung membuat Peterpan menjadi sangat terkenal di masanya. Dimana-mana orang-orang sering menyanyikan lagu Peterpan. Anak kecil, remaja, orang tua, pengamen, band-band kecil atau solois mendendangkan lagu peterpan. Dimana-mana orang ngomongin tentang kejayaan band Peterpan. Tiada hari tanpa peterpan.


Sekarang semuanya itu tinggal kenangan. Karena peterpan harus mematuhi perjanjian yang telah dibuat dengan Andika selaku pemilik nama peterpan dan Indra. Mau tidak mau Ariel dkk memasuki babak baru dalam perjalanan karier mereka. Terhitung sejak agustus 2009 nama peterpan udah gak digunakan lagi. Dan rencananya mereka akan meluncurkan nama baru dan album baru di bulan Juli 2010. Tapi apa daya. Sebulan sebelum peluncuran album, Ariel tersandung kasus video porno dan dipenjara selama 3.5 tahun. Personel lainpun harus menunggu Ariel keluar penjara. Karena mereka sadar, mereka bukan siapa-siapa tanpa Ariel bersama mereka. Terlebih mereka adalah sahabat yang selalu ada di berbagai situasi, suka maupun duka. Masa-masa itu adalah masa tersuram bagi ex-Peterpan. Karena tidak mereka tidak bisa melakukan kegiatan bermusik, yang mana musik adalah penghasilan utama mereka disamping usaha kecil yang mereka buat.

Dua tahun dipenjara, dipotong remisi dan berbagai hal lainnya, Ariel bebas bersyarat pada 23 Juli 2012.

Seolah tidak ingin membuang waktu, pada tanggal 2 Agustus 2012 Ariel dkk memberitahukan nama band mereka kepada publik. Karena mereka tidak ingin melaunching album baru berbarengan dengan peluncuran nama baru band. Itu adalah strategi agar masyarakat akrab dengan nama baru ex-Peterpan tersebut. Kemudian setelah akrab barulah launching album baru.

NOAH. Itu adalah nama baru band Ariel, Uki, Lukman, Reza, dan David. Kalo kita mendengar nama tersebut pasti kita teringat Nabi Nuh. Karena Noah adalah nama Nabi Nuh dalam bahasa Inggris. Walaupun begitu Ariel tidak merisaukan nama tersebut, karena itu hanyalah sebuah nama. Dan yang penting adalah karya. Lagipula, Ariel bilang NOAH tidak ada hubungannya dengan Nabi Nuh.

Ternyata NOAH punya artinya juga loh. Nama NOAH sengaja dipilih ariel dkk karena simple, bikin nyaman, memberikan kedamaian, dan berumur panjang. Nama NOAH udah dipatenkan sebagai hak cipta Ariel dkk.

Ternyata lagi nih, nama NOAH ternyata udah dipakai terlebih dahulu oleh band asal Balikpapan. Tapi, bagi mereka itu tidak dipermasalahkan. Karena mereka sudah saling berkomunikasi untuk bisa saling mengerti.

Gue baru tau nama NOAH seminggu setelah peluncuran nama barunya. Telat amat Jos? Hehehe. Soalnya internet di rumah gue mati, dan gue gak bisa update berita. Ceritanya begini:


Awalnya Rio ngasih gue lagu “Separuh Aku”. 

‘Ini lagu judulnya Separuh aku, coba tebak siapa penyanyi lagu ini?’.
Mana gue tau. Setelah suara vokalisnya muncul, kok suaranya mirip suara Ariel?

‘Lho, kok mirip suara Ariel?’

‘Iya ya, mirip suara Ariel’ kata Rio. Sebenernya waktu itu Rio belom terlalu yakin kalo itu adalah lagu Ariel.

‘Emang Ariel dkk udah keluarin singlenya? Kan launching albumnya pada bulan September.’

‘Udah’ jawabnya, tapi masih ragu-ragu.

Di sini gue makin sengsara, karena gue sadar internet adalah tumpuan informasi bagi gue.

Di awal gue dengerin lagunya, biasa aja. Flat. Tapi, dengerin kedua kalinya kok enak banget ya lagunya. Keren. Tapi siapa yang punya lagu ini? Akhirnya temen gue yang satu lagi, Ari, ngasih tau kalo yang nyanyi itu adalah Noa. Noa? Aneh nama bandnya. Anoa kali pikir gue. Ari sendiri cuma bilang Noa itu band baru.

Gue dengerin lagi itu lagu, sumpah lagunya keren. Suara vokalisnya mirip suara Ariel. Gue pengen tau siapa yang nyanyiin itu lagu. Kembali gue dengerin itu lagu. Gak lama kemudian, Rio ngasih tau kalo peterpan udah punya nama. Nama barunya adalah Noa, dan meluncurkan single pertamanya. Masa sih? Ah, boong itu.

Dikasih info setengah-setengah, membuat gue makin penasaran. Masa iya Ariel dkk udah ngeluarin single. Setau gue launching albumnya pertengahan September. Nama barunya juga belom keluar.

Semakin gue mendengarkan lagu separuh aku, gue semakin hapal lagunya dan semakin membuat gue yakin kalo yang nyanyi adalah Ariel. Kemudian di TV muncullah Ariel dkk dengan video klip separuh aku. Ah, gimana ceritanya kok udah ngeluarin lagu dulu daripada ngeluarin album? Apa gue yang salah info ya. Padahal gue yakin banget Ariel dkk meluncurkan album barunya pada pertengahan September.

Besoknya gue searching di internet pake BlackBerry temen. Akhirnya semua itu menjadi jelas.

Ariel dkk udah mengganti nama peterpan dengan NOAH, bukan Noa tapi NOAH pake ‘H’. Bukan peterpan lagi, bukan Ariel.Uki.Lukman.Reza.David lagi, tapi kesatuan dari mereka berlima yang terhimpun dalam sebuah nama, NOAH. Gue sama sekali gak nyangka kalo namanya NOAH. Gue seperti orang kebanyakan, Ariel dkk pasti memilih nama yang masih berhubungan dengan nama peterpan. Tapi, semuanya salah. NOAH adalah pilihan Ariel dkk, sebuah kata yang terdiri 4 huruf. Simpel emang. Dan mudah diingat.

Dan keesokan harinya setelah peluncuran nama baru tersebut, NOAH langsung ngeluarin single perdananya, yang berjudul “Separuh Aku”. Lagu tersebut diputar di 200 radio di seluruh Indonesia pada pukul 15.08 atau jam 3.08 sore. Kenapa jam 3.08? Karena lagu "Separuh aku" diluncurkan pada tanggal 3 bulan 8. Lagu separuh aku adalah salah satu lagu dari album terbaru NOAH yang akan diluncurkan pada tanggal 16 September 2012.

Ah elah. Susahnya kalo gak ada internet. Nama band favorit gue aja gak tau. Malah seminggu setelahnya baru gue ketahui.



Dan sejak 2 Agustus Indonesia mempunyai band baru namun tetap muka lama. Yang akan menggebrak permusikan Indonesia. NOAH memiliki suasana baru dengan nama baru. Tapi musiknya tetap peterpan. Yang ciri khas gak akan hilang. Kan personelnya masih tetap sama. Cuma beda David ama Ihsan. Serta logo yang udah menjadi ciri khas Ariel dkk adalah bulu angsa yang berwarna merah. Logo itu sengaja diciptakan ketika meluncurkan album "Sebuah nama sebuah cerita" untuk menjadi logo baru peterpan. Kemudia logo itu dijadikan penegas peterpan di tubuh NOAH. Itu terlihat di huruf 'A' ada bulu merah yang udah dibalik dari posisi sebelumnya. Yang mana, awalnya bulunya dari kiri atas ke kanan bawah, sekarang udah dibalik menjadi dari kiri bawah ke kanan atas. Kenapa dibalik? Itu adalah harapan NOAH agar karier mereka semakin meningkat.

Gue berharap dengan nama baru ini NOAH akan kembali merajai musik Indonesia yang saat ini sedang lesu. Meluncurkan hit-hit yang akan mengguncang Indonesia dan negara lain. Dan para penggemar musik tentunya sangat berharap NOAH bisa menyamai atau bahkan melebihi peterpan. Dan juga bisa menyingkirkan boyband-girlband yang plagiat. Sorry ya, gue bukan menghina boyband-girlband Korea, tapi boyband-girlband Indonesia yang cuma bisa menjiplak, lipsync, yang cowok menari seperti cewek, dan girlband yang imutnya dibuat-buat membuat gue jadi ilfil. Gue udah muak melihat mereka tampil di TV. Dimana-mana mereka selalu mucul. Kalo kualitasnya bagus gak masalah, tapi kalo seperti itu siapa yang gak kesel? Semoga BB/GB hanya musiman, hanya sebagai angin lalu.

Tapi kalo emang gak bisa disingkirkan, yaudalah silakan bersaing secara sehat. Tapi mbok ya, perbaiki kualitasnya. Gue ingat sindiran butet kartaredjasa, kalo Yovie & Nuno konser vokalisnya ngasih mic-nya ke penonton dan bilang ‘Mana suaranya’. Kalo BB/GB konser, penonton yang nanya ‘Suaranya mana?’. Wakakakakaka.


Oke NOAH, selamat menempuh lembaran baru. Semoga sukses dan albumnya laku 3 juta copy atau lebih. Kami sebagai sahabat NOAH akan selalu mendukung kalian untuk kembali mengulangi atau melebihi kesuksesan peterpan di kancah musik Indonesia. Di artikel selanjutnya gue akan membahas album baru, lagu baru, dan buku kisah lainnya.

Goodbye Peterpan, Welcome NOAH.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan beretika.