Minggu, 23 Desember 2012

Kupas Lagu Separuh Aku


Kita tahu, bahwa setiap lagu yang diciptakan pasti punya makna di balik liriknya. Ibaratnya sebuah kisah yang menceritakan tentang kehidupan insan yang ada di dunia ini. Biasanya sih, tentang cinta-cintaan gitu.

Mainstream sih. Tapi, kejeniusanlah yang mampu membuat lirik dan membuatnya menjadi nada yang dialuni musik membuat lagu tersebut menjadi indah di telinga pendengarnya dan menjadikannya berkelas. Temanya emang tentang cinta(hampir 95%), tapi cara penyampaiannyalah yang akan membedakan sebuah lagu dengan lagu lainnya dengan tema yang sama. Maksudnya, dari segi lirik.

Dengar laraku
Suara hati ini memanggil namamu
Karena separuh aku
Dirimu..

Pasti kalian sangat kenal dengan sepenggal lirik di atas. Sebait lirik yang sarat makna bagi seseorang yang menghayati lagu ini. Penuh kegalauan. Cieee..

Nah, salah satu lagu dari album Seperti Seharusnya yang berjudul separuh aku akan gue kupas seperti mengupas buah mangga. Di sini gue coba menganalisa maksud dari lirik yang diciptakan David dan Ihsan.

Soalnya, di awalnya gue dengerin ini lagu, gue merasa kok rada-rada aneh ya liriknya? Gak nyambung gitu. Bingung. Naah, setelah gue googling ke sana kemari akhirnya gue menemukan maksud inti dari lirik tersebut. Dan berbekal ke-sotoy-an tingkat tinggi inilah makna lagu Separuh Aku versi gue, josareo.com.


Pertama
(Ini berdasarkan video klip official Separuh Aku dan hasil googling)


       Dan terjadi lagi
       Kisah lama yang terulang kembali
       Kau terluka lagi
       Dari cinta rumit yang kau jalani
Bait ini maksudnya seseorang yang mengalami kisah percintaan rumit yang sering kali membuatnya terluka. Namun, dia tak mengambil hikmah dari kejadian tersebut. Tidak belajar dari pengalaman yang telah dia lalui. Akibatnya kejadian menyakitkan itu terjadi lagi. Dan, yaaa terluka lagi.

       Aku ingin kau merasa
       Kamu mengerti aku mengerti kamu
       Aku ingin kau sadari
       Cintamu bukanlah dia.
Di bagian ini, terjadi dialog antara suara hati di satu sisi seseorang tersebut (diperankan Ariel yang pake baju putih) dengan suara hati di sisi yang lainnya (Ariel baju hitam). Konflik suara hati. Gak bingung kan? Hehehe.. Mengatakan bahwa dia (putih) ingin (hitam) merasa bahwa mereka harus saling mengerti. Kamu mengerti aku dan aku mengerti kamu..
Biar gampang, Ariel berbaju putih diibaratkan si putih dan yang lainnya si hitam.
Dan si putih ingin menyadarkan si hitam, bahwa cinta si hitam bukanlah si cewek tersebut. Karena mereka sering berantem gara-gara cintrong.

       Dengar laraku
       Suara hati ini memanggil namamu
       Karena separuh aku
       Dirimu.
Di bagian reff ini, si putih ingin si hitam mendengarkan suara si putih. Karena si putih tidak ingin si hitam menderita karena cintanya kepada si cewek tersebut. Putih menyarankan agar menyudahi kisah ini. Jangan ada yang terluka lagi. Cukup sampai di sini. Karena separuh si putih adalah separuh si hitam. Satu hati gitu sob.

Konflik suara hati

Lanjuut?
Lanjuut..
Yakin?
Yakin..
Kalian luar biasa..
Nananana


       Ku ada di sini
       Pahamilah kau tak pernah sendiri
       Karena aku slalu
       Di dekatmu saat engkau terjatuh
Iya, si putih akan selalu ada di dekat si hitam walau bagaimanapun juga. Meskipun terjatuh karena suatu masalah. Atau terpuruk karena tertimpa kemalangan. Tapi percayalah, kau tidak pernah sendiri. Dan akan saling menguatkan. Setia.

Selalu ada di dekatmu

Muter lagi ke awal. daaan..

       Dengar laraku
       Suara hati ini memanggil namamu
       Karena separuh aku
       Menyentuh laramu
       Semua lukamu telah menjadi milikku
       Karena separuh aku dirimu
Di reff terakhir ditegaskan lagi dengan pernyataan bahwa luka si hitam juga luka si putih. Karena memang suara hatinya adalah bagian dari hati seseorang tersebut. Saling berpengaruh satu sama lain. Dan tidak bisa dipisahkan.

Klimaks dari lagu separuh aku adalah akhir pertikaian si putih dengan si hitam. Dimana di video digambarkan pemecahan kaca yang akan menghancurkan salah salah satu sisi suara hati Ariel. Ketika kacanya pecah, yang tampak di video adalah pemilik suara hati (Ariel) baju putih dengan si cewek (Gista Putri). Mereka tampak berdiam diri untuk mengakhiri segala permasalahan ini dengan berpelukkan.
Klimaks dari konflik suara hati

Jedeeerrr

Akhir dari konflik

Berpelukaaan
Sepertinya si puyih telah menang. Kok tau? Kan tinggal ariel berbaju putih dengan si cewek. Mungkin mereka akan berdamai dan mengakhiri pertengkaran ini. Tapi gue gak tau, apakah mereka berdamai dan melanjutkan hubungan mereka atau berakhir sampai di sini.

Jadi, inti dari lagu Separuh Aku adalah pertentangan suara hati di dalam diri seseorang dalam menghadapi kisah percintaan dengan orang lain. Percintaan yang rumit dan menggoreskan luka. Dan suara hati putih mengingatkan agar mengakhiri cinta sang pemilik suara hati kepada orang yang dicintainya. Karena cinta yang rumit hanya akan membuat penderitaan yang berlarut-larut.

Oooh begitu toh ternyata. Jauh banget dengan analisa gue di awal gue dengerin lagu ini. Awalnya gue mengira lagu ini tentang kisah cinta dua orang yang berantem-berantem gitu. Trus ada pihak ketiga. Mainstream, itulah pikiran gue awalnya. Ternyata oh ternyata, jauh dari perkiraan. Itu tentang konflik antara sisi hitam hati dan sisi putih hati, yang akan memutuskan antara lanjut atau tidak untuk mencintai si cewek. Keren.

Video juga akan menguatkan makna dari sekumpulan bait-bait lirik. Dari video Separuh Aku juga kebanyakan orang berpikir kalo lagu ini tentang cinta seorang pria kepada wanita. Kemudian ada sebuah masalah. Kemudian si cowok akan bilang, aku selalu ada di dekatmu. Aku akan  mensupport kamu. Aku akan menjaga kamu. Karena separuh aku telah menjadi milikmu. Lukamu lukaku juga. Romantis emang. Separuh aku dirimu, cukup untuk ngegombalin cewek hehehe. Padahal maksud dari lagu tersebut gak begitu.


Kedua
Ini berdasarkan penjelasan sang penciptanya, David. Katanya sih tentang cinta dan persahabatan yang dialaminya dan digabung dengan kisah Ihsan. Begitu yang gue dapatkan infonya di Youtube. Dengan modal ke-sotoy-an juga, ini penjelasan kedua dari gue.

       Dan terjadi lagi
       Kisah lama yang terulang kembali
       Kau terluka lagi
       Dari cinta rumit yang kau jalani
Maksudnya dari sudut pandang orang pertama(biar gampang, baca A): seorang sahabat (baca B)mengalami kembali kisah yang udah pernah dia alami. Seperti nyolong jemuran tetangga misalnya, di hajar massa tetap berulah lagi. Becanda. Mungkin saja dia mengalami sebuah kisah percintaan yang seringkali membuatnya terluka. Seperti ceweknya selingkuh. Atau ceweknya membuat ulah yang membuat sakit hati sang cowok(B). Namun, si cowok(B) tetap keukeuh mempertahankan si cewek.

       Aku ingin kau merasa
       Kamu mengerti aku mengerti kamu
       Aku ingin kau sadari
       Cintamu bukanlah dia.
A ingin si B merasa kalau mereka harus saling mengerti. A mengerti B dan B mengerti A. Aku mengerti kamu dan kamu mengerti aku.
A ingin B menyadari kalo si dia bukanlah pasangan yang cocok buat si B. Mungkin karena berbagai hal. Seperti ternyata mereka ternyata sodaraan, yang udah lama terpisah. Kemudian bertemu lagi dan gak saling kenal dan jatuh cinta. Akhirnya orang tua mereka tidak menyetujui. Sinetron banget ya. Abaikan bagian yang itu.


       Dengar laraku
       Suara hati ini memanggil namamu
       Karena separuh aku
       Dirimu.
A berujar kepada B, sahabat dengarkanlah suara aku ini. Suara hatiku memanggil namamu, bukan memanggil emakmu. B, aku ini adalah separuh dari dirimu. Kita udah bersahabat sejak dulu kala(dari jaman batu kali ya). Kita udah saling kenal dan saling mengerti satu sama lain. Kita bermain bareng, tertawa bareng, berduka bareng, dan kita selalu melewatinya dengan kebersamaan. Laramu laraku juga.


       Ku ada di sini
       Pahamilah kau tak pernah sendiri
       Karena aku slalu
       Di dekatmu saat engkau terjatuh
Sahabat, aku selalu ada di sini. Di sampingmu. Jangan sedih karena kau merasa sendiri. Kau tak pernah sendiri, aku selalu ada di dekatmu. Walaupun engkau terjatuh, terpuruk, dan berbahagia. Aku selalu ada untukmu.


       Dengar laraku
       Suara hati ini memanggil namamu
       Karena separuh aku
       Menyentuh laramu
       Semua lukamu telah menjadi milikku
       Karena separuh aku dirimu

Sahabat, janganlah kau berlarut-larut dalam kisah cintamu yang sering kau ulangi. Bahkan kau tidak pernah mengambil pejaran dari kejadian yang pernah kau alami. Hatimu terluka, hati dia terluka. Kalian tidak saling mengerti.
Sahabat, cintamu bukanlah dia. Lebih baik kau putuskan dia dan cari cinta yang lain. Atau kau lanjutkan dengan dia tapi harus berubah dan harus lebih baik dari kemaren. Jangan sampai ada yang terluka lagi. Jika kau terluka, aku juga terluka. Karena persahabatan kita sudah terikat erat. Separuh aku dirimu..


Demikianlah penjelasan dari gue. Terserah mau ngambil makna yang mana. Mau ngambil bagian pertama yang bertemakan konflik suara hati atau mau mengambil yang kedua yang bertemakan cinta dan sahabat. Tergantung dari diri kita pribadi.

Jadi, gak jelas dong makna dari lagu ini?
Ini tergantung dari diri kita sendiri. Soalnya lagu ini bersifat universal. Tapi bagi gue, ini lebih kepada cinta dan sahabat.

Ini nih videonya. Udah disaksikan lebih dari 8.5 juta viewer sejak 5 bulan yang lalu. Cekidot, NOAH - Separuh Aku..


0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan beretika.