Kamis, 22 Desember 2011

Blueberry Dan Roti Sobek


Kemaren malam gue belanja di minimarket yang terkenal di jabodetabek yaitu Indomaret. Kenapa gue belanja pada malam itu? Ntar ada jawabannya di postingan berikutnya. Salah satu produk sari roti yang paling gue suka adalah roti sobek isi coklat srikaya. Namun malangnya malam itu coklat srikaya lagi kosong. Grr.. Mau gak mau gue beli yang lain aja. Eh, ada roti sobek coklat blueberry. Not blackberry but blueberry. Not smartphone but bread. Roti ti ti. Ntar salah kaprah gue makan BB. Aje gile, BB aja gak punya. Gitulah orang ganteng, gak boleh punya BB *alibi ditolak*.

Setelah rotinya abis, trus gue perhatiin tuh bungkusnya. Ada gambar blueberry. Cakep juga nih buahnya. Imut-imut kayak siput*apa hubungannya?*. Bentuknya seperti jambu biji yang ada di depan rumah gue *emang rumah gue doang yang ada?*. Warnanya unyu gitu. Eh, ungu ya *ngelawak*. Tapi gue kurang puas dengan gambar yang segitu. Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan nafsu blueberry, gue searching aja di google. Dengan mata melotot dan hampir meloncat keluar, gue perhatiin satu-satu gambar blueberry. Dan gue nemuin sebuah artikel. Isinya gue copas aja nih:

6 gram adalah jumlah serat dalam secangkir jus blueberry.

Blueberry terbukti paling sehat dan kaya nutrisi. Berdasarkan studi Cornell University, kandungan antioksidan dalam blueberry paling unggul di antara 25 buah lainnya. Bahkan, mengalahkan buah delima dan anggur, yang sebelumnya diyakini buah berkandungan antioksidan tertinggi. Kini, blueberry tak hanya tersedia dalam bentuk buah segar dan beku. Kita juga bisa mendapatkannya dalam bentuk olahan, seperti jus dan selai. Komsumsilah buah ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan manfaat ekstranya.

Maanfaat :

Blueberry mengandung berbagai zat gizi, contohnya beberapa mineral (mangan, kalsium, fosfor, besi, kalium, dan seng), vitamin B1, B2, B3, dan B6, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serta karbohidrat dan lemak. Patut dicatat di sini bahwa kandungan mangan dan vitamin K buah blueberry ini cukup tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian akan keduanya yakni sebesar 20% dan 24% masing-masingnya.

Selain itu blueberry juga mengandung antosianin, suatu pigmen tanaman yang bersifat antioksidan. Telah dibuktikan bahwa kandungan antosianin, proantosianidin, resveratrol, flavonol, dan tanin yang terkandung dalam buah blueberry mampu menghambat perkembangan sel kanker dan inflamasi (radang) secara in vitro .

Dikatakan pula bahwa mengkonsumsi buah berry (termasuk blueberry dan cranberry) dapat membantu mengurangi penurunan kognitif yang lazim terjadi pada penyakit Alzheimer serta akibat kondisi penuaan .

Blueberry juga terbukti mampu mengurangi kerusakan otak akibat stroke. Di samping itu buah ini juga dapat membantu mencegah infeksi saluran kencing .

Pada sistem jantung dan pembuluh darah, buah blueberry bermanfaat menurunkan kolesterol dan kadar lipid total dalam darah , juga dapat mengubah glycosaminoglycan yang berperan dalam pengaturan tekanan darah.

SBR

Bagus kan? Yaiyalah, blueberry gitu. Begitu hebatnya biruberry, sama seperti sodaranya si itemberry. Si itemberry meracuni dunia dengan aplikasi BBMnya, sedangkan biruberry mengguncang tubuh seperti mixer*gak ding*. Si biruberry memberikan manfaat yang sangat bagus bagi tubuh. Dan juga 'meracuni' tubuh untuk melawan si berbagai penyakit. Gue merasa lega gitu. Katanya kan dalam seminggu harus konsumsi dua kali. Untung gue makan blueberry walopun cuma keturunannya. Padahal kenyataannya dalam satu bungkus roti terdapat 4 potongan, dua bagian roti yang berisi coklat dan dua lagi berisi blueberry. EGP. Kalo dalam seminggu ke depan gue sakit, gue tuntut balik yang bikin artikel. Auuumm..

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan beretika.