Kamis, 17 Mei 2012

Ke Curug Nangka

Yuhuu. Akhirnya bisa update blog lagi. Setelah sempat mati suri. Padahal banyak banget yang pengen gue tulis di blog, cuma gak sempat mulu. Kadang ada yang mau ditulis, tapi gue lagi di luar. Nasib gak punya gadget buat nulis. Modal cuma HP Nokia tebal. Nanti bakalan ada yang baru kok.

Kemaren gue diajakkin teman jalan-jalan ke curug nangka, Bogor. Gue mah oke-oke aja nerimanya. Soalnya gue lagi suntuk banget di kosan mulu. Nge-game gak jelas, online-onlinean kaga jelas juga. Pas banget ada yang ngajakkin ke curug nangka. Satu hari satu malam aja cukup.

Katanya kami akan berangkat agak sorean, ternyata udah magrib belom berangkat juga. Si  Day malah kabur dari kosan, padahal dia yang ngajakkin gue ke cunang. Gue kira ke cunang dibatalin. Pasrah.

Eh gak lama kemudian, teman gue Jimay datang ke kosan gue dengan seabrek barang. Seperti mau pindahan kayanya. Yang gue tau dia bawa gitar. Selebihnya gue gak tau.

'Jos, buruan siap-siap ke cunang. Malah nyantai-nyantai aja' kata Jimay. Padahal waktu itu gue lagi nge-game.

Bah, sontak aja gue kaget. Ternyata, ke cunang jadi juga akhirnya.

Teman-teman yang lain juga udah pada datang, ngumpul di kosan teman. Total ada 7 orang yang berangkat ke cunang.  Dan sialnya. Rezan 'bagian dokumentasi' kaga bawa kamera! SWT. Gak bisa bernarsis ria di cunang. Gapapa lah. Hahahaha.

Berangkat dari kampus naik angkot ke stasiun tanah abang jam setengah 8 malam. Sampe di stasiun jam 8 kurang, langsung pesan tiket commuter line tujuan bogor. Dengan pede nya turun ke jalur tunggu di bawah. Ternyata salah jalur. Kebetulan ada kereta yang datang di jalur sebelah. Dikira tujuan bogor. Semua pada kaget. Dengan terburu-buru naik lagi ke atas nyebrang ke jalur sebelah. Ternyata bukan tujuan Bogor. Seorang ibu yang duduk di belakang gue nanya.

'Mau kemana?'
'Bogor, bu' jawab gue
'Ooh. Kereta ke Bogor bentar lagi datang, jam 8 lewat 11' waktu itu jam 8 pas.
'Oh ya, makasih bu'

Sepintas gue liat yang duduk sebelah ibu itu, ternyata ada cewek. Kemungkinannya, 99% itu anaknya. 1% lagi pembantu. Pembantu gak mungkin lah, soalnya putih montok lumayan cakep. Kalo tau gitu, pas ibunya nanya 'mau kemana?' Gue jawab aja 'ke rumah ibu mau melamar anak ibu.' Gubraak.

Akhirnya kereta yang ditunggu datang juga. Langsung duduk di bangku kosong. Ya iyalah kosong, masa di paha orang. Dan gue baru tau kalo ternyata Rezan baru pertama kali naik kereta.

Berangkat jam 8.15 malam, akhirnya sampe di Bogor jam setengah 10 malam. Sampe di sana, langsung dikerubutin ama sopir angkot. Nawarin mau kemana. Dijawab aja mau makan. Pada diem.

Ternyata gak jadi makan. Dasar. Nyampe di pertigaan langsung naek angkot ke tempat angkot yang biasa ngetem buat ke cunang. Seperti biasa, orang yang keliatan datang dari jauh bagaikan artis mata sopir angkot. Nanyain, ayo cunang cunang. Mas mas mau kemana? Gue jawab, mau makan. Sopirnya langsung ketawa dan diem.

Makan-makan dulu. Gue mau nyari makanan padang kaga ketemu, ada KFC malah udah tutup. Eh ketemu makanan yang udah sangat tidak asing lagi. INDOMIE SELERAKU. Jauh-jauh ke Bogor, makannya tetap makanan anak kos.

Perjalanan dilanjutkan lagi dengan naik angkot tujuan cunang. Beberapa meter kemudian, ketemu rumah makan padang. Kupret. Coba aja gue jalan dikit lagi, pasti ketemu.

Dalam perjalanan, udara segar menemani perjalanan kami menyusuri kawasan gunung salak. Di dalam angkot pada becanda tentang skripsi dan embel-embelnya. Gue gak terlalu mikirin, yang gue pikirkan kapan lagi menghirup udara segar malam hari di Bogor. Hmmm aaaah.

Tiga puluh menit perjalanan, jam 11 malam kurang sampe di cunang. Kami bayar angkot 5000 rupiah per orang. Untuk sampe ke pintu kawasan wisata cunang, kami jalan kaki sekitar 500 meter. Ngos-ngosan juga. Gimana gak ngos-ngosan, jalannya menanjak dan bawa barang. Tapi bintang-bintang di langit yang menakjubkan itu menjadi hiburan sepanjang perjalanan menuju gerbang Cunang. Yang paling terlihat jelas adalah rasi Scorpion.

Sampe juga di pintu gerbang, tempat beli tiket masuk. Tapi orang yang jaga loket gak ada. Kosong melompong. Ditunggu sekitar 2 menit, tapi orangnya tetap gak ada, yaa langsung masuk aja. Gue pikir-pikir emang ada yang mau masuk ke curug nangka jam 11 malam? Kaga ada..! Tapi tim koplakers membantah statement itu. Datang ke cunang jam 11 malam, dan GRATIS. Gue jadi cekikian dalam hati. Teman-teman gue gak ada yang beres. Tapi idenya mantap. Hahahaha.

Beberapa meter dari pintu masuk, langsung gelap gulita. Yang tadinya terang benderang karena ada lampu dari rumah warga dan villa, sekarang benar-benar gelap. Untung si Farzeng bawa senter. Oh my God, tau gini gue bawa senter juga.

Ditengah perjalanan, gue nanyain ke Jimay sang pemimpin rombongan,

'Jim, belok kanan apa lurus?'
'Lurus lah, ngapain belok kanan.'

Jalan ke arah kanannya hilang..!!
Bah, barusan gue melihat apa ya? Perasaan kok ada jalan belok kanan, setelah dideketin yang ada cuma jalan lurus doang. Gue langsung melepasin kacamata. Wah kaga bener nih kacamata. Mulai merinding. Tapi gak lama, normal lagi. Hahahaha koplak.

Di sekitar gue melihat siluet pohon pinus, sungguh indah dan menenangkan pikiran. Gak sabar menunggu pagi melihat hutan pinus.

Sampe di lokasi camping, langsung mendirikan tenda. Tendanya ada 2 buah, 1 tenda buat 2 orang. Sementara kami ada 7 orang. Mau gak mau, 4 orang tidur 3 yang lain begadang.

Sesaat setelah tenda selesai dibangun, gue ama Rezan langsung molor. Sumpah, gue ngantuk dan capek banget. Dengkul udah gementaran. Teman gue yang lain langsung nyanyi di luar tenda, ngobrol-ngobrol, ketawa-ketawa. Gue sebenarnya pengen ikut, tapi udah ngantuk plus capek. Lagian ngapain malam-malam di luar tenda, yang ada hanya siluet pohon di dalam kegelapan yang diselimuti suasana khas gunung yang dingin. Gue hanya ingin melihat alam sekitar besok pagi aja.

Jam setengah 6 pagi gue bangun. Keluar dari tenda, daaaan. Anjeeeerrrr. Dingin sekaleeeeee. Berasa di dalam kulkas. Buru-buru gue masuk ke tenda lagi, narik kain sarung. Tiduran bentar. Sumpah, dingin banget. Teman gue yang lain masih pada nongkrong di luar tenda. Gilaaa.

Jimay bilang,
'Jos, kemaren pas gue ke sini, jam segini temen lo si Day lagi mandi di curug(air terjun).'
'Gilaaa. Day itu orang apa bukan sih? Kuat banget mandi dingin begini'
'Hahahaha'

Beberapa waktu kemudian, gue akhirnya keluar dari tenda dengan make jaket plus kain sarung. Gilaa, udah pake singlet, baju, jaket, plus sarung tetap aja bikin gue menggigil. Pake kolor dan celana panjang tentunya. Wah dingin parah. Ngobrol bentar, trus kami naek ke atas bukit mau ke curug. Sarungnya gue tinggalin, takutnya dikirain abis ronda di gunung salak. Lumayan jauh juga curug dari tenda.

Di tengah perjalanan

Jalannya penuh bebatuan dengan bukit di kiri kanan, pohon-pohon yang tumbuh liar, aliran sungai dengan suara gemercik, suara burung, sinar mentari yang baru bangun dari peraduan cakrawala, gunung salak yang lagi 'hot-hotnya' terlihat jelas di depan mata, udara dingin nan segar, menemani perjalan kami menuju curug. Sungguh pemandangan yang luar biasa bagi orang yang belom pernah ke kaki gunung(baca: gue). Pikiran gue langsung berasa terbuka luas, badan kembali fresh, dan segalanya terasa indah. Pengen lama-lama di sana.

Sesampainya di curug, kami istirahat dulu di warung yang lagi kosong. Mengatur nafas dulu dan membuka cemilan. Yang tadinya dingin banget, perlahan tubuh gue menjadi panas. Akhirnya gue tau rahasia si Day kuat mandi di curug padahal cuaca dingin banget. Dari tenda ke curug jaraknya 300++ meter dan jalan menanjak, cukup untuk membuat tubuh berkeringat. Air curug mengademkan tubuh lagi. Dan ujung-ujungnya impas. Suhu tubuh tetap normal. Pinter juga lo Day. Hahahaha.

Koplakers
Kemudian gue ama Rezan menuju ke air terjun. Lumayan tinggi juga curugnya. Cuma waktu itu airnya lagi kecil, jadi gak keliatan megahnya curug itu. Deket curug gue melihat ada (maaf) eek. Gue gak tau itu (maaf) eek siapa. Auranya mulai gak bener.

Kemudian gue balik lagi ke warung tadi. Ngobrol-ngobrol sambil makan cemilan. Tiba-tiba Jimay teriak, 'monyet monyet..!' sambil menunjuk monyet. Monyet itu menuju ke arah kami. Gue awalnya biasa aja. Emang udah biasa monyet deket ama pengunjung di Bukittinggi Sumbar dulu.

Tapi beberapa mikrodetik kemudian, monyetnya benar-benar gak tau malu..! Langsung aja nyamperin ke tempat duduk kami. Kontan saja kami pada beranjak ketakutan. Bah, monyet mau gigit kami. Ternyata enggak. Tu monyet ternyata tertarik ama cemilan yang kami makan. Syukurlah. Untungnya itu cemilan udah hampir abis. Kalo belom abis, rugi. Tapi bukan gue yang rugi, tapi yang belinya yang rugi.

Gue sempat kepikiran, jangan-jangan ini monyet penjaga curug nangka. Dia pengen ngusir koplakers menjauh dari curug karena masuk kaga bayar. Wah serem juga gue mikirinnya.

Setelah cemilan abis, monyet itu nyamperin kami lagi. Bah, dasar monyeeet. Mau apa sih lo nyet? Ternyata mau ke tong sampah di sebelah gue. Oh syukurlah. Oooh, berarti yang gue liat tadi itu adalah (maaf) eeknya monyet. Monyetnya lumayan gede, ada kumis ama jenggotnya juga. Kalo diibaratkan ke manusia, mungkin udah umur 70 tahun.

Akhirnya itu monyet pergi juga. Jimay, Rezan, ama Day yang awalnya mau mandi kaga jadi gara-gara si monyet tadi. Setelah dirasa cukup akhirnya kami turun menuju tenda. Dalam perjalanan balik, kami melihat sekumpulan monyet yang lagi nongkrong di pohon. Eh, monyet yang nyamperin kami tadi ada di situ. Set dah nyet. Jangan ngikutin kami napa? Deket pohon nongkrong si monyet-monyet galau, juga ada kelompok wisatawan lain yang datang ke curug. Pada ngelihatin sodara jauh manusia.
Perjalanan balik ke tenda
Sesampainya di tenda, kami pergi nyari warung nasi goreng yang katanya udah buka. Ya emang bener udah buka. Kami makan nasi goreng. Tapi gue ada plus nya. Gue plus mie goreng. Baru kenyang. Ngobrol-ngobrol dulu masalah kejadian beberapa hari yang lalu. Topiknya gak jauh dari Cinta dan Karir. Ceritanya pada koplak semua. Dalam hati gue ngakak denger cerita teman-teman gue. Kaga bener. Hahahahaha.

Balik lagi ke tenda. Gue, Day, dan Farzeng, makan cemilan yang udah disiapkan sejak kemaren. 4 orang yang lain molor. Sambil ngobrol-ngobrol, ada sesuatu yang mengitari Day. Ternyata tawon. Awalnya sih gak papa, cuma itu tawon kayanya udah jatuh hati ama Day. Ngitarin dia mulu. Si Day tentu saja kalang kabut. Lari muter-muter tetap aja itu tawon ngikutin dia. Hahahaha. Gue cuma bisa ketawa. Santai aja Day. Tapi reaksi tiap orang emang beda.

Nah, sinar mentari udah mulai melampaui tingginya bukit. Cahaya nya yang lewat di celah-celah pohon pinus sungguh mempesona. Tapi sayang banget gak ada kamera. Gak bisa mengabadikan pemandangan indah tersebut.

Nah, timbul ide gue untuk menyusuri hutan pinus tersebut. Kami bertiga segera ke sana.

Naik naik ke puncak gunung, tinggi tinggi sekali.
Kiri kanan, kulihat saja. Banyak pohon cemaraa..

Naik naik ke puncak gunung, tinggi tinggi sekali.
Kiri kanan, kulihat saja. Banyak pohon pinuuus..


DI lereng hutan pinus
Di sana kita gak tau ngapain, cuma sibuk liatin Day di ikutin tawon. Hahahaha koplaak. Selanjutnya kami naik  lebih tinggi lagi. Akhirnya kami sampai di tempat yang diinginkan. Dilihat kebawah ternyata ada jurang yang dalam banget. Trus diliat ke tenda nun jauh di sana, gak berasa kami udah jauh lebih tinggi dari tenda camping.

Di bawah naungan pohon pinus kami bertiga cerita-cerita tentang keindahan gunung salak. Di pagi hari hari gunung salak kelihatan jelas sekali, tapi semakin siang semakin tertutup kabut. Gila, kabutnya tebal banget. Pantesan pencarian korban sukhoi susah banget. Ditambah tebing kemiringan 85 derajat. Salut gue ama tim SAR Indonesia. Tim SAR Rusia aja ngeluh, medannya susah banget. Salut salut salut. Semoga diberkahi Allah dalam misi kemanusiaan ini. Amin

Ternyata semalam pas gue lagi tidur, teman gue yang begadang ternyata lagi dengerin sejarah. Si Yanri tau banget tentang sejarah dinasti di China, negara taiwan, sampai masalah keatheisan. Yang dengerin rada-rada gimana gitu. Gue minta si Farzeng diceritakan ulang, baru mulai gue langsung mumet. Cukup cukup, jangan diceritakan lagi. Gila tuh Yanri, tau banget tentang sejarah.

Ngobrol-bobrol terus dan ujung-ujungnya malah membongkar rahasia. Akhirnya gue tau juga alasan kenapa Farzeng gak pacaran lagi ama Lee Sya. Yang gue tau cuma bubar aja. Dan gue juga tau ada alasan terselubung di balik bolak-balik Day ke Bontang Banten Bandung(3B). Jiahahahaha. Ada pelajaran yang gue dapatkan dari cerita teman gue untuk masalah cewek. Banyak teori yang gue pelajari, tinggal prakteknya. Harus perjuangkan cinta dan cita yang kamu inginkan dan ikuti kata hatimu tanpa menghilangkan rasa hormat terhadap orang yang telah berpengalaman.

Di suasana hutan pinus dan pemandangan lembah nun indah di bawah. Membuat gue betah lama-lama di situ. Pengen bikin rumah, bikin eskalator, bikin tangga darurat, perosotan, dan rumah pohon plus ubin yang seirama dengan warna sekitar. Jangan dipikirkan, itu hanya pemikiran gak jelas.

Sementara di bawah sana, makin banyak wisatawan yang datang ke cunang.

Teman gue yang tadinya molor udah bangun. Bongkar tenda dan segera ke stasiun. Tas gue isinya tetap begitu aja. Maksudnya gak pernah dikeluarin. Tau gak, gue udah bawah 2 kolor, 2 celana dan 2 baju ganti. Kalau-kalau di cunang mau mandi atau ngapain. Ternyata pakaian yang nempel di badan udah cukup. Jiah, tau gini gue gak usah bawa tas.

Nah, ketika melewati pintu masuk/keluar cunang. Kami semua pasang muka innocent kepada penjaga loket. Tapi tampang kriminalnya tetap aja kelihatan. Jiahahaha. Masuk cunang gratis. Cuma datangnya harus malam-malam.

Dari cunang naik angkot 30 menit langsung ke stasiun Bogor. Gak perlu menunggu lama, kereta yang ditunggu datang. Berangkatlah koplakers menuju tujuan masing-masing. Kapan-kapan kita akan ke curug-curug yang lain. Betah gue di sana.

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan dan beretika.